Loading...
Thursday, 1 January 2015

Tampolong Nasibmu Kini


Sumber gambar : Google
Tahukah anda apa itu tampolong? tampolong sebuah wadah yang jaman dulu tebuat dari kuningan, suka dipakai membuang air ludah waktu nyirih (Nyeupah) nenek nenek. bahkan di kampung saya waktu jamannya nenek merasa paling hebat kalau punya tampolong yang terbuat dari kuningan asli. untuk jaman sekarang sudah jarang yang nyirih/Nyeupah. bahkan tampolong pun sudah jarang ditemui.
tapi bagi sebagian orang di kalangan jawa barat selatan seperti daerah garut masih banyak nenek-nenek yang masih suka nyeupah.

 Dengan semakin canggihnya zaman, maka eksistensi dari tampolong sudah banyak yang di tinggalkan. padahal pilosofi dari tampolong tersebut sangat dalam.
  • Cangkrung

  • Tumamprak

  • Ciduh jeung reuhak nampi 

  •  Titis tulis bagja diri

1. Cengkrung : Posisinya yang tidak rata dia menggambarkan selalu mau menerima pepatah dan siap selalu menampung apapun yang dia terima dan bisa mempertahankannya.
2. Tumamprak : Selalu menerima dengan apa yang sudah digariskan dan apa yang sudah menjadi takdirnya
3. Ciduh jeng Reuhak nampi : Ludah sama Dahak pun siap dia tampung, dia selalu menerima yang baik maupun yang jelek. dia tidak pernah menolak apapun yang masuk kedalamnya.
4. Titis tulis bagja diri : Sudah tulisan dan nasib diri seperti itu. selalu pasrah dan nerima apapun yang diterima.

Pilosofi hidup yang jika kita kerjakan sungguh jadi orang yang bersabar. tapi sabar disini bukan berarti
Digebug Murungkut 
Ditajong Morongkol
Dijiwir Nyengir

Sabar bukan berarti pasrah dengan segala hal, tapi sabar dalam menghadapi cobaan, cobaan berupa kenikmatan dan kesedihan...

Tampolong... oh Tampolong dulu kau selalu diludahi, tapi kini kau menjadi barang antik yang harganya selangit... naik pangkat kau sekarang tampolong...



Jika ada yang salah dari pemaparan tentang tampolong, itu semata mata kebodohan, jika ada benarnya itu semata mata dari allah...

semoga bermanfaat....


















0 comments:

Post a Comment

Mangga... Komentarnya gan?

 
TOP