Loading...
Saturday, 17 January 2015

Cara mengetahui masa haid, Normalkah? atau Acak?

Salah satu cara cepat mendapatkan keturunan adalah dengan mengetahui siklus haid, bagaimana caranya?

Pelajari cara menghitung siklus menstruasi , apakah menstruari kita normal atau tidak? Pada umumnya wanita atau seorang remaja putri mulai mengalami menstruasi untuk pertama kalinya pada usia rata rata sekitar 9 sampai 14 tahun. Proses menstruasi ini dimana proses siklus biologis seorang wanita bisa terjadi lebih kurang dari 30 - 50 tahun lamanya sampai mereka masuk masa menopause. 

Menurut DR.OZ indonesia : 
" Tips Cara Hitung Siklus Menstruasi
Siapkan Kalender, karena siklus menstruasi ini suatu saat akan berfungsi untuk anda menghitung masa subur untuk menghitung perencanaan kehamilan.

Contoh disini adalah ada 3 bulan, cara menghitung siklus menstruasi yang tidak teratur biasanya untuk siklus menstruasi teratur atau tidak teratur pedoman kita minimal 3 periode dalam menstruasi.
  • Siklus menstruasi normal umumnya rentang waktu  21 sampai 35 hari untuk terjadi menstruasi berikutnya. Misal tanggal 1 Juli anda mulai mens, kemudian terjadi mens lagi pada tanggal 25 juli juga.

  • Bulan berikutnya misalnya tanggal 12 Agustus mens, dan mens lagi 31 agustus. Kemudian bulan berikutnya tanggal 14 september mens.

Jika melihat tanggal siklus menstruasi yang acak, dan terjadi tanggal menstruasi berikutnya tidak sama. Ini belum tentu anda mensnya tidak teratur, jadi cara menghitungnya adalah:

"RUMUS RATA RATA SIKLUS MENSTRUASI = 21 s/d 35 hari"
  • Pada contoh kasus diatas berarti dalam satu bulan di bulan juli mempunyai siklus 25 hari.  dan ini masih dalam rentang siklus mens yang normal.
  • Pada siklus berikutnya dari Juli ke bulan agustus tanggal 12 mempunyai siklus 19 hari. dan ini tidak dalam rentang siklus normal.
  • Berikutnya adalah 12 agustus sampai tgl 31 agustus mempunyai siklus 20 hari. dan ini tidak dalam rentang siklus normal.
  • Periode berikutnya tgl 31 agustus sampai 14 september mempunyai siklus 15 hari. dan ini tidak dalam rentang siklus normal.

Kesimpulan Siklus Menstruasi

  1. Periode Mens I = 25 hari (NORMAL)
  2. Periode Mens II = 19 hari (TIDAK)
  3. Periode Mens III = 20 hari (TIDAK)
  4. Periode Mens IV = 14 hari (TIDAK)
Jadi kesimpulannya dari membaca dan menghitung siklus menstruasi diatas dalam 3 periode siklus mengalami rentang waktu yang tidak normal". 
 
Nah yang lebih simpel, kita tanya sama istri "Mah kapan tamu dari Lembah Merah Datang?"

0 comments:

Post a Comment

Mangga... Komentarnya gan?

 
TOP